-->

Bagaimana PET Memindai Paru-paru, Jantung, atau Bagian Tubuh Lain Apa Pun - Memahami Dasar-Dasarnya

Hasil gambar untuk Bagaimana PET Memindai Paru-paru, Jantung, atau Bagian Tubuh Lain Apa Pun - Memahami Dasar-Dasarnya






Positron Emission Tomography atau PET adalah tes non-invasif yang menciptakan citra nuklir dari setiap bagian tubuh seperti paru-paru atau jantung. Untuk melakukannya, pelacak radioaktif yang juga dikenal sebagai radionuklida disuntikkan ke dalam darah. Setelah pelacak bercampur dengan darah, itu diambil otot-otot dan masuk ke organ seperti jantung. Pemindaian menentukan apakah jantung sehat atau tidak dengan menunjukkan aliran darah. Misalnya, arteri yang menyempit atau sel-sel mati dari serangan jantung sebelumnya dapat didiagnosis menggunakan PET scan.

Cara Dasar Pemindaian PET

Untuk melakukan tes PET CT, langkah-langkah berikut terjadi:


Pelacak disuntikkan ke aliran darah. Ini adalah senyawa organik yang ditemukan dalam tubuh yang ditandai dengan sejumlah kecil bahan radioaktif. Umumnya, glukosa, amonia atau air digunakan.
Begitu berada di dalam tubuh, pelacak menghasilkan sinar energi gamma.
Balok diambil oleh detektor yang melingkari tubuh dan kemudian dikirim ke komputer. Sistem mengubah sinyal menjadi gambar yang jelas.
Gambar lengkap dibuat dengan menyatukan gambar irisan tipis hati. Setiap irisan difoto dari arah dan sudut yang berbeda untuk menghasilkan gambar holistik dan 3-D.Seorang praktisi kesehatan dapat menentukan fungsi jantung menggunakan gambar. Jika otot-ototnya kuat, pelacak akan diangkat dengan sangat baik. Di sisi lain, jika jantung tidak lagi hidup atau memiliki sel-sel mati, pelacak tidak diambil. Pada pemindaian PET, tingkat penyerapan pelacak dipandang sebagai warna atau gradasi kecerahan yang berbeda.



Perlunya Pengujian PET

Saat ini, pemindaian PET adalah salah satu prosedur paling tepat yang dapat digunakan untuk mendeteksi:


Penyakit arteri koroner
Aliran darah rendah
Jaringan yang terluka
Jaringan matiBergantung pada apa yang ditunjukkan oleh pemindaian, dokter dapat merekomendasikan prosedur jantung seperti:




intervensi koroner perkutan (PCI)
operasi bypass arteri koroner
Operasi akan dapat mengembalikan aliran darah yang tepat ke jantung.Prosedur Pemindaian PET



Pemindaian MRI hewan peliharaan dapat dilakukan di rumah sakit atau laboratorium diagnostik. Ini dilakukan oleh teknisi kedokteran nuklir dan dokter menggunakan mesin PET. Elektroda pertama atau piringan logam kecil diletakkan di kaki, lengan, dan dada pasien. Elektroda kemudian dipasang ke perangkat menggunakan kabel. Ini dimaksudkan untuk melacak dan mencatat detak jantung pasien yang disebut elektrokardiogram. EKG juga menunjukkan kapan pemindaian harus dilakukan.

Langkah selanjutnya adalah membuat gambar dasar organ. Ini dilakukan tanpa penambahan pelacak dan membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Setelah baseline dipindai, injeksi pelacak melalui jalur intravena yang ditempelkan ke lengan orang tersebut berlangsung. Setelah pelacak ditambahkan, pasien berbaring rata di atas meja yang meluncur ke perangkat pemindaian yang memiliki penampilan yang mirip dengan donat besar.

Pemindaian dimulai ketika detektor mengambil sinyal yang dilepaskan oleh pelacak. Data dikonversi menjadi gambar digital menggunakan komputer. Sebuah gambar tunggal, pada kenyataannya, merupakan akumulasi dari banyak foto yang diambil dari semua sudut dan dalam irisan. Seluruh prosedur dapat berlangsung antara satu hingga tiga jam. Sangat penting untuk benar-benar diam selama proses pemindaian keseluruhan, atau gambar keluar kabur.

Langkah-langkah yang Harus Dilakukan Setelah Pemindaian PET

Karena pemindaian adalah proses non-invasif, orang tersebut dapat kembali ke aktivitas rutin segera setelah selesai. Disarankan untuk minum banyak cairan untuk hari berikutnya. Air memungkinkan semua bahan radioaktif, yaitu pelacak untuk dikeluarkan dari tubuh. Juga, buat janji dengan dokter yang bersangkutan untuk melakukan tindak lanjut pada hasil tes.

Risiko Tersambung Dengan PET

Umumnya, pemindaian PET sangat aman untuk setiap individu. Jumlah radiasi yang terpapar pada tubuh sangat kecil. Karena itu, ginjal mampu mengeluarkannya dari tubuh paling lama 24 jam. Tes ini tidak disarankan jika orang tersebut:


Hamil
Ibu menyusuiDalam kedua kasus, pemindaian dapat membahayakan anak.



Kata terakhir

Siapa pun yang ingin tahu lebih banyak tentang pemindaian PET sebelum prosedur harus berkonsultasi dengan dokter. Beberapa pertanyaan yang dapat membantu memperjelas semua keraguan adalah:


Bagaimana tes ini lebih baik dari yang lainnya?
Apa langkah-langkah yang harus diambil dalam persiapan untuk pemindaian?
Apakah akan ada kebutuhan untuk tes tambahan setelah pemindaian?
Kapan hasilnya bisa diharapkan?




Pemindaian PET adalah prosedur yang tidak menyakitkan, tetapi kecemasan yang datang dengan tes kesehatan selalu ada. Oleh karena itu, pemindaian dilakukan di rumah sakit atau laboratorium diagnostik terkemuka. Teknisi dan karyawan lain dapat mengubah pengalaman bahkan lebih nyaman ketika mereka dilatih secara memadai. Di Anderson Diagnostics, salah satu pusat pemindaian terkenal di Chennai , kami merawat pasien kami sepenuhnya.

Kami tidak hanya menawarkan perangkat PET yang menyediakan pencitraan yang akurat tetapi juga empati dan cara tidur yang sempurna. Ketika Anda melakukan pemindaian dengan kami, yakinlah bahwa kesehatan Anda adalah prioritas kami. Dari onkologi ke neurologi ke kardiologi, kami melakukan pemindaian PET untuk berbagai bidang. Hubungi kami atau ayunkan situs kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang teknologi yang kami gunakan untuk Pemindaian PET.

0 Response to "Bagaimana PET Memindai Paru-paru, Jantung, atau Bagian Tubuh Lain Apa Pun - Memahami Dasar-Dasarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel